Minggu, 21 Februari 2010

Sistem Ekonomi Tradisional

Sistem Ekonomi Tradisional

Sistem ekonomi ini merupakan sistem ekonomi yang dijalankan secara bersama untuk kepentingan bersama (demokratis), sesuai dengan tata cara yang biasa ditempuh oleh nenek moyang sebelumnya.

Dalam sistem ini segala barang dan jasa yang diperlukan, dipenuhi sendiri oleh masyarakat itu sendiri. Tentunya Anda akan bertanya apa tugas pemerintah dalam sistem ekonomi tradisional ini?

Dalam sistem ekonomi tradisional, tugas pemerintah hanya terbatas memberikan perlindungan dalam bentuk pertahanan, dan menjaga ketertiban umum. Dengan kata lain kegiatan ekonomi yaitu masalah apa dan berapa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi semuanya diatur oleh masyarakat.

Pada umumnya, sistem perekonomian ini berlaku pada negara-negara yang belum maju, dan mulai ditinggalkan. Misalnya Etiopia. Tapi pada umumnya, sistem ekonomi ini sangatlah primitif dan hampir tidak ada lagi di dunia.


Sistem ekonomi tradisional memiliki kelebihan sebagai berikut :

1. Tidak terdapat persaingan yang tidak sehat, hubungan antar individu sangat erat
2. Masyarakat merasa sangat aman, karena tidak ada beban berat yang harus dipikul
3. Tidak individualistis

Kelemahan dari sistem ekonomi tradisional adalah :

1. Teknologi yang digunakan masih sangat sederhana, sehingga produktivitas rendah
2. Mutu barang hasil produksi masih rendah

Saat ini sudah tidak ada lagi negara yang menganut sistem ekonomi tradisional, namun di beberapa daerah pelosok, seperti suku badui dalam, sistem ini masih digunakan dalam kehidupan sehari – hari


Sistem Ekomomi Syariah

merupakan ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari masalah – masalah ekonomi rakyat yang diambil dari nilai – nilai islam. Ekonomi Syariah berbeda dari kapitalisme, sosialisme, maupun negara kesejahteraan.
Ekonomi dalam islam harus mampu memberikan kesempatan seluas – luasnya kepada setiap pelaku usaha. Selain itu ekonomi syariah memiliki empat sifat sebagai berikut :
a. kesatuan ( unity ) d. tanggung jawab ( responsibility )
b. keseimbangan ( equilibrium )
c. kebebasan ( free will )
Didalam Sistem Ekonomi Syariah ini mempunyai kelebihan yang lebih besar dibandingkan dengan kelebihan pada sistem – sistem ekonomi yang lain.
Kelebihan pada Sistem Ekonomi Syariah ini adalah :
Sistem ekonomi syariah sangat berbeda dengan ekonomi kapitalis, sosialis maupun komunis. Ekonomi syariah bukan pula berada ditengah-tengah ketiga sistem ekonomi itu. Sangat bertolak belakang dengan kapitalis yang lebih bersifat individual, sosialis yang memberikan hampir semua tanggungjawab kepada warganya serta komunis yang ekstrim,ekonomi Islam menetapkan bentuk perdagangan serta perkhidmatan yang boleh dan tidak boleh di transaksikan. Ekonomi dalam Islam harus mampu memberikan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat, memberikan rasa adil, kebersamaan dan kekeluargaan serta mampu memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada setiap pelaku usaha.

Sistem ekonomi di Indonesia saat ini masih kurang baik walaupun dipimpin oleh seorang presiden yang bertanggung jawab dan di bantu oleh para mentei – menteri di bidangnya. Tetapi masih ada sedikit kekurangan misalnya : masih banyak saja rakyat miskin yang butuh bantuan, karna dana BLT yang ada saat ini belum secara merata dibagikan dan diperoleh kepada orang – orang yang berhak. Selain itu masih ada hal lain yang mempengaruhi sistem ekonomi di Indonesia ini, seperti masih ada saja para menteri – menteri yang menjadi koruptor sehingga harus ditahan, karna mereka sudah mengambil uang yang seharusnya bukan menjadi hak mereka, itu adalah hak orang lain. Dan masih banyak lagi hal – hal lainnya yang menyebabkan sistem perekonomian di Indonesia ini yang kadang - kadang di pertanyakan karna kinerja para pemerintah nya masih kurang memuaskan bagi para masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar