Jumat, 30 Oktober 2009

Komunikasi Media Elektronik dan Media Massa

Komunikasi
• Apakah dampak komunikasi media elektronik dan media massa terhadap diri anda ?

Jawab :
Sebelumnya kita harus tahu dulu apa itu komunikasi. Komunikasi yaitu proses penyampaian informasi kepada pihak lain untuk dapat saling pengertian. Komunikasi dalam organisasi sangat penting karena dengan adanya komunikasi maka seseorang bisa berhubungan dengan orang lain dan saling bertukar pikiran yang bisa menambah wawasan seseorang dalam bekerja atau menjalani kehidupan sehari – hari.
Ada beberapa macam komunikasi yaitu :
1. Komunikasi 2 arah ( Two Way Traffic )
Yaitu komunikasi secara langsung dari atasan ke bawahan dan dari bawahan ke atasan.
2. Komunikasi horizontal
Yaitu komunikasi antara sejawat atau sebagian / sama – sama satu bagian.
3. Komunikasi 1 arah ( One Way Traffic )
Komunikasi yang tidak secara langsung. Komunikasinya hanya dari atasannya.
4. Komunikasi langsung
Yaitu komunikasi yang dilakukan dalam penyampaian berita.
5. Komunikasi tidak langsung
Yaitu komunikasi yang penyampaiannya melalui orang lain ataupun secara tertulis.
6. Komunikasi Formal dan Informal
Komunikasi formal dilakukan antara sesama anggota organisasi disesuaikan dengan urutan struktur organisasi.
Komunikasi informal yang terjadi karena adanya komunikasi antara sesama karyawan dalam suatu organisasi.

Komunikasi yang kita tahu saat ini, paling sering terdengar dari media elektonik dan media massa.
Dari media elektronik misalnya dari radio, televisi dan internet. Mungkin yang sering kita lihat di televisi adalah acara berita itu merupakan contoh dari komunikasi secara tidak langsung karena kita hanya bisa melihat si pembawa berita dan mendengarkan berita – berita apa saja yang dia sampaikan. Selain itu juga lewat media televisi kita dapat mengetahui kejadian – kejadian apa saja yang sedang terjadi saat ini baik di dalam maupun di luar negri. Dari media televisi pastinya ada dampak yang dapat mempengaruhi diri kita saat menonoton acara berita di televisi ada banyak hal yang disampaikan kita bisa mengambil sisi positifnya dan hal – hal yang baik tentunya. Selain itu juga dapat menambah pengetahuan kita dari yang tadinya tidak tahu lalu setelah melihat berita jadi tahu.
Selain itu juga ada media elektronik yang lain yaitu radio. Radio kalau kita perhatikan sama saja seperti televisi cuma bedanya pada radio kita tidak bisa melihat langsung orang – orang yang sedang bicara, sedangkan kalau di televisi kita dapat melihat dengan jelas orangnya. Dampak yang ditimbulkan dari alat komunikasi ini tidak jauh beda dari televisi dapat mempengaruhi si pendengar apabila berita yang disampaikan positif dan bermanfaat.
Ada lagi media massa contohnya seperti koran, majalah dan tabloid. Apabila kita membaca salah satu dari tiga media massa tersebut pasti agak sedikit berbeda karena pada media tersebut beritanya di jelaskan secara tertulis jadi kita harus membacanya sampai habis apabila kita ingin tahu berita – berita apa saja yang ditulis pada media tersebut. Dari koran, majalah dan tabloid kita juga bisa mengetahui banyak hal – hal apa yang sedang terjadi saat ini. Lihat saja di kota jakarta ini hampir setiap hari kalangan masyarakat meluangkan sedikit waktunya untuk membaca koran karena selain murah, fleksibel dan dapat juga menghilangkan rasa jenuh apabila kita sudah membaca beritanya. Banyak orang – orang perkantoran sering membawa koran apabila lagi di perjalanan karena mereka juga ingin tahu berita – berita apa saja yang hangat dibicarakan saat ini. Koran juga dapat menambah wawasan kita karena selain tahu akan banyak hal banyak berita – berita menarik yang pastinya lebih bagus dari yang ada di televisi walaupun tanpa gambar. Sampai sekarang koran, majalah dan tabloid masih banyak diminati banyak walaupun sudah ada media elektronik yang lebih bagus. Koran sudah ada sejak dulu, bahkan sampai sekarang terus merebak kemana saja karena murah, berisikan tentang berita – berita yang sedang berkembang. koran, majalah dan tabloid juga bisa mempengaruhi seseorang karena beritanya yang berisi ajakan, berisi sesuatu hal yang lebih bagus tentunya.
Jadi, semua media yang ada baik elektronik maupun massa semuanya dapat mempengaruhi setiap orang bahkan saya pun demikian.

0 komentar:

Posting Komentar