Sabtu, 31 Oktober 2009

Motivasi dan Prilaku

Motivasi & Perilaku
Bagaimana cara anda memotivasi diri anda sendiri. Pilih salah satu dari 7 motivasi yang ada?
Jawab :
Sebelumnya kita mengenal dulu apa itu motivasi. Motivasi adalah keadaan dalam pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan – kegiatan tertentu guna mencapai suatu tujuan. Jadi motivasi bukanlah sesuatu yang dapat diamati, tetapi merupakan hal yang dapat disimpulkan adanya karena sesuatu perilaku yang tampak. Motivasi merupakan masalah yang kompleks dalam organisasi karena kebutuhan dan keinginan setiap anggota organisasi adalah berbeda – beda dan berkembang atas dasar proses belajar yang berbeda pula.
Motivasi dapat ditimbulkan baik oleh faktor internal maupun eksternal tergantung dari mana suatu kegiatan dimulai. Kebutuhan dan keinginan yang ada di dalam diri seseorang merupakan motivasi internal. Begitu juga dalam suatu organisasi, setiap individu akan mempunyai kebutuhan dan keingian yang berbeda dan unik.
Sedangkan motivasi eksternal menjelaskan kekuatan – kekuatan yang ada di dalam individu yang dipengaruhi faktor - faktor intern. Untuk itu, teori motivasi eksternal tidak mengabaikan teori motivasi internal, tetapi justru mengembangkannya.
Ada 7 macam teori motivasi yang dikembangkan oleh para ahli yang berbeda – beda. Para ahli – ahli tersebut mendefinisikan teori motivasi sesuai dengan gambaran dan penglihatan mereka dengan kehidupan yang ada saat ini.
 Teori Prestasi oleh Mc Clelland.
 Teori Harapan.
 Teori keadilan / Equily Theory ( comparison other ).
 Teori Klasik oleh F.W Taylor.
 Teori Human Relations ( mengarah pada faktor manusiawi ).

Teori prestasi dari Mc Clelland mempunyai tiga kebutuhan manusiawi yaitu :
1. Kebutuhan prestasi ( need for achievment ).
2. Kebutuhan afiliasi ( need for affiliation ).
3. Kebutuhan kekuasaan ( need for power ).
Dari beberapa macam teori yang ada saya akan menjelaskan salah satu dari teori tersebut tentunya untuk memotivasi diri saya sendiri, saya akan memotivasi diri saya sendiri dengan menggunakan teori prestasi dari Mc Clelland yang dikembangkan melalui riset empiris.
Dengan teori ini saya memotivasi diri saya sendiri untuk mendapatkan prestasi yang lebih tinggi tentunya dari semester – semester sebelumnya, dan ingin lebih baik lagi untuk semester – semester berikutnya cara yang saya lakukan tentunya dengan belajar sebaik mungkin karena tanpa belajar kita tidak akan bisa merubah semuanya, karena setiap sesuatu yang dikatakan berhasil pasti harus ada perjuangannya seberat apapun. Saya akan berusaha agar nilai – nilai saya dapat lebih baik, dengan membaca buku, bertanya pada dosen, belajar dengan teman – teman pastinya akan menambah wawasan yang tadinya saya tidak mengerti lalu dengan saling bertukar fikiran dengan mereka saya bisa lebih tahu tentang banyak hal.
Dengan cara – cara seperti itu saya berharap nilai – nilai dan prestasi saya bisa lebih baik lagi walaupun dalam banyak situasi yang tidak saya harapkan. Memotivasi diri sendiri kadang memang sulit dari pada momotivasi orang lain karena memotivasi diri sendiri butuh kemauan yang benar – benar serius dan tidak boleh main – main apabila kita mau mendapatkan sesuatu yang lebih baik lagi dari sebelumnya.
Dengan memotivasi diri sendiri seperti ini pastinya saya mempunyai gambaran supaya saya bisa lebih maju lagi untuk kedepannya dan prestasi saya bisa lebih bagus dari semester – semester sebelumnya. Saya akan berusaha sebaik mungkin agar semua yang saya inginkan dapat tercapai seperti harapan saya maka dari itu saya harus bisa memotivasi diri saya sendiri.
Dengan memilih teori yang dikembangkan oleh Mc Clelland mengenai motivasi prestasi saya berfikir bahwa segala sesuatu yang ingin dikatakan sukses pasti ada perjuangan yang harus dilalui dan perjuangan itu tentunya tidak mudah butuh waktu, tenaga dan kesungguhan serta niat yang sungguh – sungguh dari dalam diri seseorang apabila dia mau menjadi orang yang sukses dan menginginkan prestasi yang lebih tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar